Perpustakaan Daerah Toba Ramai Dikunjungi Pelajar

Perpustakaan Daerah (Perpusda) Toba, di bawah naungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Toba, setiap harinya, ramai dengan kunjungan ratusan siswa/pelajar dari berbagai tingkatan.

topmetro.news – Perpustakaan Daerah (Perpusda) Toba, di bawah naungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Toba, setiap harinya, ramai dengan kunjungan ratusan pelajar dari berbagai tingkatan. Yakni, mulai dari tingkat SD (sekolah dasar), SMP (sekolah menengah pertama), SMA (sekolah menengah atas)/SMK (sekolah menengah kejuaraan), bahkan kalangan umum.

Kepala Bidang Layan Baca Perpustakaan Toba Ulibasa Simanjuntak SE didamping Pustakawan Terampil Ronny Lubis SSi menuturkan, letak strategis Perpusda Toba dengan lingkungan pendidikan, diakuinya sangat signifikan akan jumlah pengunjungnya.

“Perpusda Toba, berada di sekitar lingkup pendidikan. Di sini banyak sekolah. Jadi anak-anak pelajar kita, mudah mengakses-nya. Dan tercatat, setiap harinya, mulai Senin sampai Jumat, ada sekitar 150 sampai 200 pelajar, bahkan menembus sampai 300 siswa, yang kami layani. Ada yang sekedar membaca, bermain, dan untuk meminjam buku, guna mendukung literasi mereka,” ungkap Uli menjawab awak media, di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Jalan Kartini, Soposurung, Balige, Jumat siang (3/11/2023).

Terkait jumlah judul dari berbagi buku yang tersedia, Uli mengatakan, bahwa pihaknya hingga saat ini, tercatat, sudah memfasilitasi 13. 235 eksemplar buku dari 4.739 judul. Selain itu, pihaknya juga menyediakan buku digital sebanyak 823 judul. Di mana para pelajar maupun warga dapat mengaksesnya melalui e-pusdaToba.

“Perpusda kita kan baru berdiri tahun 2017, dan ber-operasi di tahun 2018. Mulai 2018 sampai 2020, masih merintis, belum banyak pengunjung. Dan tahun 2020 juga masih ada Covid-19. Baru di akhir 2020 lah, sampai sekarang terasa lonjakan pengunjung perpustakaan kita. Ke depan, kita rencanakan lagi menambah judul buku, untuk lebih mendukung gairah minat baca para pelajar. Baik bentuk fisik maupun buku digital,” ucapnya.

Automasi Perpustakaan

Uli meneruskan, bahwa pihaknya, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Toba, dalam sirkulasi pinjam pakai buku sudah menggunakan sistem INLISlite (automasi perpustakaan). Ini merupakan pengembangan sistem manajemen aplikasi dari Perpustakaan Nasional.

Terpisah, di waktu dan tempat yang sama, salah seorang pengunjung, yakni siswa SMU Negeri 2 Balige, kelas XII IPS, Chindy my Siagian, mengatakan, bahwa ia sangat terbantu akan kehadiran Perpusda Toba. Terutama dalam meningkatkan kualitas literasinya.

“Saya bersyukur atas kehadiran perpustakaan ini. Saya bisa menambah pengetahuan literasi pengetahuan umum saya. Khususnya juga untuk mendukung tugas-tugas di sekolah. Selain itu, saya juga bisa, memanfaatkan fasilitas lainnya yang disediakan, termasuk laboratorium komputer yang sudah dilengkapi dengan akses internet,” kata Cindy.

reporter | Guntur

Related posts

Leave a Comment